header

header

Kamis, 08 Januari 2015

Mengenal Lebih Dekat Amerika di @america












Apa sih @america itu? Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu @america dan bertanya-tanya apa maksud dari @america tersebut.

@america adalah sebuah inisiatif rintisan Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat. Diisi dengan fasilitas berteknologi tinggi yang memberikan kesempatan berinteraksi dengan aktivitas yang beragam dan kaya akan berbagai konten.
@america adalah pusat kebudayaan abad ke-21 yang mutakhir di mana Anda dapat menjelajahi dan mengeksplorasi Amerika Serikat serta mengungkapkan pikiran dan gagasan tentang Amerika.
Di @america Anda bisa menemui teknologi tinggi dan belajar lebih banyak tentang Amerika Serikat. Melalui diskusi, webchat, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran, Anda dapat mengalami yang terbaik dari Amerika, seperti idealismenya, kreativitas, dan keanekaragaman.

Sedikit pemberitahuan untuk kalian yang akan berkunjung atau ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa @america tersebut disini aku akan memberikan sedikit mengenai situasi dan keadaan atau tata tertib yang harus dilakukan oleh para pengunjung. Pertama-tama untuk memasuki gedung ini sistem keamanannya terbilang cukup ketat. Karena para pengunjung harus melewati mesin detektor tidak hanya itu setiap tas bahkan handphone para pengunjung juga harus melewati mesin detektor. Selanjutnya setiap tas di simpan di dalam loker yang sudah disediakan. Dan untuk memasuki ruangan pengunjung dilarang membawa makanan apapun dari luar. Namun kita tidak perlu khawatir karena setiap petugas selalu bersikap ramah ko kepada para pengunjung. Setelah selesai maka kalian bisa langsung memasuki ruangan tersebut, yang akan langsung dihampiri oleh para e-guide untuk memberikan sedikit penjelasan mengenai @america dan beberapa fasilitas yang tersedia diruangan tersebut serta event-event yang tengah dilaksanakan dan setiap harinya @america memiliki event yang berbeda-beda yang bisa kalian lihat langsung pada kalender jadwal yang tersedia baik di dalam maupun di luar ruangan.

Terdapat cukup banyak fasilitas yang disediakan di ruangan tersebut seperti:


Fitur - Maksimalkan Kunjungan Anda

Mulai dari platform multimedia sampai program tematik serta para e-guide @america yang sarat dengan pengetahuan, @america menawarkan pengunjung berbagai bantuan untuk memperkaya kunjungannya. Untuk informasi lebih lanjut, datangi salah satu e-guide kami yang sedang bertugas.

Media Interaktif – Pengantar

Dengan serangkaian media yang interaktif, @america memungkinkan pengunjung untuk mempelajari Amerika Serikat secara mendalam. Sebagai tambahan, para pengunjung dapat mengakses koleksi survey, kuis, dan permainan puzzle kami melalui teknologi mutakhir yang tersedia di tempat. Untuk mengetahui lebih lanjut, mohon kunjungi salah satu platform layar sentuh kami yang tersedia.

Fasilitas - Semua Yang Anda Perlukan

Untuk membuat kunjunganmu semakin menyenangkan, @america menawarkan serangkaian fasilitas. Termasuk di dalamnya Information Desk dan sebuah Membership Counter.

Membership Counter - Gabung Bersama Komunitas @america

Membership counter @america tersedia di  di Exhibition Area. Disini pengunjung bisa bergabung dalam Program Keanggotaan @america dan menerima update eksklusif atas berbagai program dan acara khusus. @america menerima Anda dan komunitas Anda untuk menyumbangkan topik dan ide  program, menjadikan @america sebagai pusat kebudayaan pertama yang terfokus pada pengunjung (user-drive) di Jakarta. Untuk mengunjungi dan mendaftar online, mohon kunjungi bagian Membership.



Awal berdirinya @america:

Belum banyak yang mengetahui, sejak 2010, Kedutaan Besar AS di Indonesia membangun sebuah pusat kebudayaan AS untuk publik Indonesia. 


Bertempat di lantai tiga Mal Pacific Place, Jakarta Selatan,
Denga jam buka 7 hari seminggu, mulai pukul 13.00 WIB sampai 21.00 WIB. Setiap masyarakat dapat mengunjungi tempat tersebut free atau gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun dan para pengunjung bisa langsung menikmati berbagai hal yang tersedia di @america tersebut .

fasilitas yang diberi nama @america itu rutin menyelenggarakan kegiatan dan memberikan pelayanan. Bermacam acara, dari mulai pertunjukan seni sampai diskusi bisnis dan politik sering dilangsungkan di sana.

Berbagai informasi resmi, dari mulai cara mengurus adminstrasi kunjungan ke AS hingga mengenai seleuk-beluk dunia pendidikan di AS juga bisa di akses di tempat tersebut. Sejumlah remaja Indonesia dipekerjakan sebagai pemandu untuk melayani kebutuhan pengunjung.

Berbeda dengan sejumlah pusat-pusat kebudayaan Eropa di Jakarta yang dikenal lebih dahulu, @america menawarkan fasilitas dengan teknologi tinggi. 

Dua di antaranya adalah teknologi Google Earth dengan tujuh layar melingkar yang disebut liquid galaxy, serta perpustakaan digital dengan lebih dari seratus iPad yang bisa dipinjam gratis. Sama seperti yang telah dijelaskan di atas sebelumnya.

“Kami punya seratus lebih iPad yang bisa dipinjam gratis untuk mengakses berbagai informasi tentang AS di sini. Sebagai syarat, peminjam harus lebih dulu menjadi member, dan cukup meninggalkan kartu identitas saat meminjam. Dan untuk menjadi member juga gratis,” ujar Gina, salah satu pemandu @america, dijumpai di tempat tersebut beberapa waktu lalu.

Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel mengakui, citra AS di mata sebagian masyarakat Islam, termasuk di Indonesia, tidak terlalu bagus dalam beberapa waktu terakhir. 

adapun tujuan
dibentuknya @america yaitu “Untuk itulah kami ingin mengajak mereka berkenalan dengan Amerika Serikat yang sebenarnya. Menurut saya, hal itu akan membantu merubah presepsi mereka,” ujar Scot, saat diwawancarai The New York Times di awal berdirinya @america. 


Peranan @America Bagi Masyarakat:
Seperti pengertian @america itu senidri bahwa @america memiliki peran yang cukup besar sebagai organisasi yang memberikan wadah bagi para pengunjung dan masyarakat Indonesia agar dapat menjelajahi dan mengeksplorasi Amerika Serikat serta mengungkapkan pikiran dan gagasan mereka tentang Amerika. Dan sebagai tempat untuk menambah pengetahuan dan ilmu bagi masyarakat luas mengenai Negara  Amerika itu sendiri. Dan juga sebagai tempat bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih luas suatu budaya dan hal-hal lain yang terdapat dalam Negara Amerika tersebut.

Yang Bisa Di Dapat Setelah Berkunjung Ke @America Secara Pribadi:

Banyak banget hal yang bisa kita dapat setelah mengunjungi tempat tersebut, dimana dari yang awalnya tidak  mengetahui apa dan dimana itu @america sehingga kita bisa mengetahui hal tersebut dan setelah memasuki ruangan tersebut kita dapat merasakan suasana yang berbeda dimana di tempat tersebut lebih cenderung kepada hal-hal yang berkaitan dengan Amerika dari segi event yang diberikan seperti pada waktu saya berkunjung kesana yang sedang menanyangkan sebuah film yang menggunakan translate Bahasa Inggris dan  hal tersebut membuat saya agar mengasah kemampuan berbahasa Inggris saya. Tidak hanya event, bahkan orang-orang yang berada di ruangan tersebut juga tidak sedikit terdapat touris di tempat tersebut dan fasilitas-fasilitas lain yang diberikan juga sangat bagus, selain itu disana para pengunjung juga bisa mengambil pop corn yang telah  disediakan secara gratis bagi para pengunjungya sehingga dapat menambah kesan lebih bagi para pengunjung seperti kita memang sedang berada di Negara Amerika tersebut, dari segi bahasa, manusianya, fitur-fitur maupun fasilitas yang diberikan bahkan makanannya. Walaupun sebenarnya itu hanya sebuah tempat yang masih berada di Indonesia. Selain itu di @america juga memberikan berbagai pembelajaran-pembelajaran yang pastinya sangat bermanfaat yang dapat dilihat di situs mereka tersebut, yang pasti akan menambah pengetahuan bagi para pembacanya.

Yang Dilakukan Dalam Rangka Memajukan Universitas Gunadarma:

Sretelah melakukan pengunjungan ke @america tersebut dapat memberikan inspirasi bagi saya pribadi untuk melakukan beberapa hal yang mungkin dapat memajukan Universitas Gunadarma. Seperti halnya memberikan fasilitas yang lebih baik lagi untuk para mahasiswanya terutama dibidang IT nya, selain itu cobalah perbanyak mengadakan beberapa event serta diskusi ataupun seminar mengenai bangsa Indonesia terutama di pendidikannya ataupun segala hal yang berkaitan dengan bangsa Indonesia seperti kebudayaanya ataupun yang lainnya yang dilakukan di gedung Universitas Gunadarma dengan berbagi fitur yang cukup menarik, dan event tersebut terbuka untuk umum, sehingga dapat menarik minat  masyarakat luas untuk bisa ikut berpartisipasi tidak hanya mahasiswa universitas tersebut. Dan jika hal tersebut dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan pandangan yang positif maka secara otomatis hal tersebut dapat menaikan dan mengharumkan nama Universitas Gundarma menjadi lebih baik dipandangan masyarakat luas tidak hanya itu dengan diadakannya hal tersebut juga dapat memberikan hal yang positif terutama bagi bangsa Indonesia itu sendiri. Walaupun tidak dipungkiri tentu saja dalam melakukan segala hal pasti terdapat banyak kendala dan juga halangan, namun hal tersebut kembali lagi pada niat dan optimisme kita semua bukan?





























Sumber            :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar