header

header

Sabtu, 21 November 2015

Konsep Utilitiarisme Terhadap Bisnis Usaha Kedai Pie’s Cious


  • Definisi Utilitiarisme

Utilitarianisme adalah paham dalam filsafat moral yang menekankan manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar, untuk menentukan bahwa suatu perilaku baik jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.
Menurut paham Utilitarianisme bisnis adalah etis, apabila kegiatan yang dilakukannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada konsumen dan masyarakat. jadi kebijaksanaan atau tindakan bisnis yang baik adalah kebijakan yang menghasilkan berbagai hal yang baik, bukan sebaliknya malah memberikan kerugian.
Nilai positif Utilitarianisme terletak pada sisi rasionalnya dan universalnya. Rasionalnya adalah kepentingan orang banyak lebih berharga daripada kepentingan individual. secara universal semua pebisnis dunia saat ini berlomba-lomba mensejahterakan masyarakat dunia, selain membuat diri mereka menjadi sejahtera. berbisnis untuk kepentingan individu dan di saat yang bersamaan mensejahterakan masyarakat luas adalah pekerjaan profesional sangat mulia. dalam teori sumber daya alam dikenal istilah Backwash Effect, yaitu di mana pemanfaatan sumber daya alam yang terus menerus akan semakin merusaka kualitas sumber daya alam itu sendiri, sehingga diperlukan adanya upaya pelastarian alam supaya sumber daya alam yang terkuras tidak habis ditelan jaman.
di dalam analisa pengeluaran dan keuntungan perusahaan memusatkan bisnisnya untuk memperoleh keuntungan daripada kerugian. proses bisnis diupayakan untuk selalu memperoleh profit daripada kerugian. Keuntungan dan kerugian tidak hanya mengenai finansial, tapi juga aspek-aspek moral seperti halnya mempertimbangkan hak dan kepentingan konsumen dalam bisnis. dalam dunia bisnis dikenal corporate social responsibility, atau tanggung jawab sosial perusahaan. suatu pemikiran ini sejalan dengan konsep Utilitarianisme, karena setiap perusahaan mempunyai tanggaung jawab dalam mengembangkan dan menaikan taraf hidup masyarakat secara umum, karena bagaimanapun juga setiap perusahaan yang berjalan pasti menggunakan banyak sumber daya manusia dan alam, dan menghabiskan daya guna sumber daya tersebut.

kesulitan dalam penerapan Utilitarianisme yang mengutamakan kepentingan masyarakat luas merupakan sebuah konsep bernilai tinggi, sehingga dalam praktek bisnis sesungguhnya dapat menimbulkan kesulitan bagi pelaku bisnis. misalnya dalam segi finansial perusahaan dalam menerapkan konsep Utilitarianisme tidak terlalu banyak mendapat segi manfaat dalam segi keuangan, manfaat paling besar adalah di dalam kelancaran menjalankan bisnis, karena sudah mendapat ‘izin’ dari masyrakat sekitar, dan mendapat citra positif di masyarakat umum. namun dari segi finansial, Utilitarianisme membantu (bukan menambah) peningkatan pendapat perusahaan.

  • Analisis Konsep Utilitiarisme Terhadap Bisnis Usaha Kedai Pie’s Cious

Berdasarkan konsep utilitiarisme di atas maka usaha kedai pie yang akan dijalankan sebagaimana yang telah di postkan sebelumnya dalam pembahasan proposal bisnis dikatakan etis, karena kegiatan usaha ini memberikan manfaat yang cukup besar tidak hanya untuk pemilik tetapi juga bagi masyarakat. Adapun manfaaat dari bisnis kedai pie tersebut adalah:

Manfaat Usaha
Bisnis usaha dibidang kuliner ini memberikan berbagai keuntungan yang cukup besar bagi pemilik usaha sekaligus bagi masyarakat sekitar daan sosial, dikarenakan dengan adanya usaha ini akan ada peluang pekerjaan.  Dari usaha ini juga tidak hanya memberikan manfaat peluang pekerjaan, melainkan terciptanya manfaat di sini terbagi dua yaitu manfaat ekonomis dan manfaat sosial.
·         Manfaat ekonomis
ü  Untuk memperoleh keuntungan yang besar
ü  Menambah jumlah produk yang ada di suatu negara
ü  Meningkatkan mutu produk bagi konsumen
·         Manfaat sosial
ü  Membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat
ü  Dengan adanya usaha ini maka tersedianya sarana dan prasarana
ü  Membuka isolasi wilayah
ü  Meningkatkan dan membantu pemerataan pendapatan
ü  Memperkenalkan jenis pie dengan inovasi terbaru yang menarik





Tidak ada komentar:

Posting Komentar