header

header

Sabtu, 14 November 2015

Bagaimana Sistem Pendidikan Tinggi Di Malaysia


Bagi kalian yang ingin dan berniat untuk kuliah diluar negeri, terutama yang Negara tujuannya adalah Malaysia, coba dibaca informasi ini terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan kalian.

Sebagai pusat pendidikan dan bisnis, Malaysia menyambut ribuan mahasiswa internasional setiap tahunnya.

v  Jenis Institusi
Semua pendidikan tinggi dikontrol oleh Menteri Pendidikan Malaysia. Di Malaysia terdapat institusi pendidikan negeri dan swasta, dimana pemerintah mensubsidi hampir 60% pendidikan tinggi Malaysia.

v  College dan University College
College/kolese di Malaysia mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di universitas, baik melalui program persiapan (foundation) atau bridging course.

University college adalah institusi independen yang tidak memiliki status universitas, tetapi berhak memberikan gelar sarjana yang sama dengan didapatkan dari universitas. 

v  University
Universitas negeri dan swasta menawarkan berbagai kualifikasi tingkat sarjana dan pasca sarjana. Di Malaysia juga terdapat 8 kampus cabang dari universitas luar negeri seperti Inggris, Irlandia dan Australia, yang menawarkan program gelar dan transfer kredit nilai.  
  
v  Jenjang Pendidikan

ü  Sarjana
Gelar sarjana (Bachelor) di Malaysia biasanya berdurasi 3-5 tahun. Program sarjana di institusi swasta disampaikan dalam Bahasa Inggris, dan di beberapa institusi negeri, perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Melayu.

Mahasiswa harus menyelesaikan paling sedikit 120 kredit untuk bisa mendapatkan gelar Bachelor. Selain jurusan utama (major), mahasiswa juga bisa memilih jurusan konsentrasi minor. Misalnya mahasiswa dapat memilih jurusan International Business dengan konsentrasi minor di e-commerce. Akan tetapi ketentuan dapat berbeda-beda antar tiap universitas.

Yang dimaksud dengan jurusan ‘major’ adalah bidang studi yang dipilih untuk menjadi fokus studi. Untuk memenuhi kredit nilai, mahasiswa harus memenuhi kuota mata kuliah yang di tentukan. Jurusan ‘minor’ adalah fokus sekunder dari bidang studi bersangkutan. Mahasiswa juga harus memenuhi kuota yang ditentukan, tetapi jumlah kuota ini lebih sedikit daripada jurusan ‘major’. ‘Minor’ tidak diwajibkan. Mahasiswa boleh memilih minor jika memang ada bidang pelajaran yang diminati. Tetapi jika tidak, juga tidak akan mempengaruhi kelulusan.

Beberapa universitas memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengambil gelar tambahan Honours (Hons) sebagai bagian dari gelar Bachelor mereka. Persyaratannya berbeda antara setiap program kuliah. Pada umumnya memerlukan prestasi akademis yang tinggi dan tambahan waktu kuliah satu tahun. Di tahun tambahan tersebut, mahasiswa akan diminta untuk melakukan tugas penelitian dan atau menulis tesis.
  
ü  Pascasarjana
Program pascasarjana ditawarkan untuk tingkat Master dan Doktoral, melalui jalur pembelajaran, disertasi atau penelitian, dan/atau menyelesaikan tesis. Struktur program pascasarjana Malaysia mirip dengan Inggris dan Australia. Mahasiswa akan menghadiri kelas kuliah, seminar, tutorial, workshop dan penilaian yang sama dengan perkuliahan sarjana.

Program Master di Malaysia berdurasi dari 1-5 tahun. Sedangkan PhDs memerlukan waktu 4 tahun. Kebanyakan program pascasarjana disampaikan dalam Bahasa Inggris.

ü  Twinning programme
Twinning programme yang paling populer di Malaysia adalah ‘2+1’, dimana mahasiswa kuliah 2 tahun pertama di Malaysia, dan 1 tahun terakhir dapat diselesaikan di Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, Perancis atau Jerman.

Jika mahasiswa ingin kuliah di Amerika, mereka dapat memilih program ‘2+2’, dimana mereka kuliah 2 tahun pertama di Malaysia dan 2 tahun di Amerika.

Selain itu juga terdapat program ‘3+0’, dimana mahasiswa berkuliah 3 tahun di Malaysia dan tetap mendapatkan gelar dari universitas luar negeri. Misalnya Monash University Malaysia memberikan gelar Bachelor yang sama dengan yang diterima dengan mahasiswa yang berkuliah di Australia, bagi mahasiswa yang mengambil program ‘3+0’ di Malaysia. Jadi, mahasiswa dapat mendapatkan gelar Australia dengan berkuliah di Malaysia.

Yang unik dari Twinning Programme adalah mahasiswa membayar biaya kuliah universitas Malaysia sepanjang perkuliahan Sarjana. 

v  Kalender Akademis Malaysia
Kalender akademis Malaysia berbeda-beda antara institusi. Misalnya di Universiti Teknologi Malaysia, satu tahun dibagi menjadi 2 semester: Semester pertama (September – Pertengahan Januari) dan Semester kedua (akhir Febuari – akhir Agustus/awal September). Ujian akhir berlangsung 3 minggu, diadakan pada akhir Desember/pertengahan Januari dan pertengahan hingga akhir Juni.


v  Kebudayaan Akademis
Pendidikan tinggi di Malaysia sangat internasional. Gaya pengajaran dan lingkungan akademis dipengaruhi oleh banyak kebudayaan (yang menjadi salah satu kelebihan dari kuliah di Malaysia).


Pada umumnya, kebudayaan akademis Malaysia mirip dengan Inggris, dimana mahasiswa diharapkan untuk independen dan mengatur perkembangan akademis mereka sendiri.  Akan tetapi, sebagai negara Asia, walau mahasiswa diharapkan untuk memiliki opini sendiri, berani menyampaikan opini mereka, cara komunikasi perlu diperhatikan. Mahasiswa tetap disarankan untuk mematuhi etika, tata krama dan menghormati yang lebih senior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar